Serial Cara Mendidik Anak #5 : MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Serial Cara Mendidik Anak #5 : MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Serial Cara Mendidik Anak #5 : MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Baiklah pada saat ini saya akan melakukan sharing terkait dengan Bagaimana cara mendidik anak kita untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Kita semua sangat concern dengan anak-anak termasuk aspek psikologis dari anak-anak yang ada di Indonesia. Nah mari Kita mulai mengulas satu persatu faktor dan langkah yan harus diambil orang tua atau cara mendidik anak untuk membangun karakter Percaya Diri pada Anak. 

Poin pertama yang yang menjadi perhatian kita dalam mendidik anak adalah tidak mungkin kita memberikan atau membangun Kepercayaan Diri (PD) kepada anak jika diri kita sendiri belum PD. Contoh yang paling sederhana adalah analogi bagaimana melakukan ujian untuk bisa mendapatkan SIM (surat Izin Mengemudi), itu sangat sering terjadi bahwa beberapa kali diulang baru bisa lulus. Sangat jarang orang yang bisa lulus dalam 1 kali ujian. Tapi kalau dia sudah dua kali atau tiga kali PDnya akan semakin tinggi. Orang itu akan semakin yakin untuk bisa melakukannya. 

Sama juga dengan kepercayaan diri anak. Semakin sering kita menemani untuk menyelesaikan ujian, bukan menghindarinya atau bahkan memarahimya, maka pada suatu saat nanti PD itu akan menjadi karakter dari anak. Inti dari semua cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anak adalah bagaimana tantangan-tantangan psikologis yang dihadapi oleh anak itu bisa diselesaikan bukan dihindari tapi bisa diselesaikan. 

Nah pasti dalam kehidupan ini setiap anak akan menghadapi ujian di setiap masa perkembangannya. Kalau Ujian-ujian itu bisa dilewati, maka hal itu akan semakin meningkatkan PD Anak. Kesalahan adalan bagian dari proses untuk membangun PD anak, Cuma tidak boleh pada kesalahan yang bersifat moril dan berulang....Kesalahan yang bersifat moril harus diedukasi dan dinasehatkan dengan baik, tapi kesalahan karena melakukan aktivitas yang menantang atau melakukan ha-hal baru perlu terus dikembangkan. Itulah cara mendidik anak yang cukup simple.

Pada kesempatan pertama, kesempatan kedua atau yang ketiga belum bisa sukses maka harus kita motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Kita sampaikan saja evaluasi kita bahwa oke... yang kali ketiga pasti bisa. Penerapannya kepada anak-anak kita kalau dari awal anak-anak kita tidak diberikan motivasi bahwa kegagalan itu adalah bagian dari kesuksesan, maka PD anak itu tidak akan pernah meningkat. Anak-anak akan cenderung menjadi orang yang takut untuk berbuat, takut untuk melakukan kesalahan, takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Kenapa ? karena takut ada konsekuensinya. 

Yang paling sederhananya waktu dia masih kecil konsekuensinya kena marah dari orang tua. Atau kena omel dari orang tua. Para Orang tua (emak-emak) harus sadar nih bahwa omelan, kemarahan itu dampaknya sangat besar untuk kepercayaan diri anak. Kalau kita menginginkan anak kita punya tingkat kepercayaaan diri tinggi, jauhkan dulu dari yang namanya marah. Kita yang harus mengatur / mengontol / memanage kemarahan kita. Karena kalau semakin marah itu bukan menyebabkan anak kita semakin PD, tapi anak kita akan justru semakin tidak percaya diri. Kenapa takut berbuat salah, takut melakukan sesuatu yang baru, karena yakin bahwa akan ada konsekuensi dari apa yang dia lakukan. 

Berbeda dengan anak-anak yang diberikan motivasi. Kalau anak-anak diberi motivasi maka oke kali pertama dia akan mencoba meskipun gagal... kemungkinannya memang menangis tapi kali kedua dia mencoba dengan kita memberikan dorongan dia merasa ada yang mendukungnya. Dia akan terus mencoba lagi melakukannya kali kedua dia merasa ada kemajuan. Maka kali ketiga dia mencoba apalagi kita sebagai orang tua tetap memberikan motivasi maka pada saat itu kesuksesan anak-anak tercapai. 

Dia akan merasakan bahwa ternyata Saya bisa melewati ujian itu. Kata-kata ini kunci dari percaya diri. "Saya bisa menyelesaikan ujian itu", "saya berhasil", "saya sukses". Dan kesuksesan yang besar pasti datangnya dari kesuksesan-kesuksesan kecil.. kecil... kecil... tapi terus menerus akhirnya akan memotivasi untuk membuat kesuksesan yang besar. Jadi kata kunci dari meningkatkan kepercayaan diri adalah :

Ayo mulai dari emak-emak sekalian kalau mama tidak PD, tidak percaya diri untuk melihat anak-anaknya maju Jangan harap anak-anaknya akan maju akan sukses. Tapi kalau mau melihat anak-anaknya sukses maka cara mendidik anak yang pertama diterapkan adalah Orang tua yang harus percaya diri terlebih dahulu sebelum anaknya.

Itu saja yang bisa saya share pada kali hari ini mudah-mudahan ada manfaatnya. Sekali lagi kunci dari peningkatan kepercayaan diri anak adalah :

  1. Yang pertama Orang tua harus meyakini dirinya bahwa dia juga PD.
  2. Kunci kedua orang tua yang selalu akan memberikan kesempatan kepada anaknya, dan toleransi atas kesalahan anak.y
  3. Yang ketiga orang tua yang PD akan memberikan motivasi kepada anaknya untuk lebih maju
  4. Yang keempat orang tua yang PD akan memberikan peluang tantangan baru, ujian baru kepada anaknya supaya semakin terasa semakin berani untuk melakukan hal-hal yang baru.
  5. Dan yang terakhir adalah respek dan memberikan pujian kepada anak yang telah melakukan sesuatu yang lebih bagus setelah menyelesaikan suatu permasalahan atau tidak tergantung kepada penyelesaian dari orang tua
Demikian Terima kasih mudah-mudahan ini bermanfaat buat emak gaul sekalian untuk kebaikan buah hati kita semua.

Terima kasih Semoga manfaat.