Serial Cara Mendidik Anak #6 : Melakukan Aktivitas Bareng Anak

Serial Cara Mendidik Anak #6 : Melakukan Aktivitas Bareng Anak

Serial Cara Mendidik Anak #6 : Melakukan Aktivitas Bareng Anak

Kali ini kita akan membahas mengenai cara mendidik anak dengan menyediakan waktu untuk bersama. Waktu untuk bersama dengan anak-anak itu bisa kita gunakan dan manfaatkan menjadi 10 moment yang spesial buat anak-anak dan kita untuk selain berinteraksi membangun hubungan orang tua anak juga menjadi momen untuk mendidik anak secara Informal.
Ke-10 moment kegiatan bersama itu bisa kita uraikan sebagai berikut :
Yang pertama untuk bisa mendidik anak dengan secara informal kita bisa lakukan dengan melakukan jalan-jalan di taman bersama anak. Bermain di taman harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh orang tua. Jangan hanya diam, bahkan yang paling penting adalah melakukan kegiatan bersama sambil sekali-kali menyampaikan hal-hal yang sifatnya mendidik anak. Berdialog untuk menanyakan kesenangannya, kejadian yang menjadi perhatiannya. Menurut Ahli cara mendidik anak yang paling efektif adalah secara informal sambil bermain di taman kita juga memasukkan ajaran ajaran kebaikan, ajaran moral. Pada momen itu juga kita bisa mempertanyakan perasaan, mereka feedback mereka, sekaligus kita bisa juga memberikan update mengenai perbaikan perbaikan yang harus mereka lakukan. Nah itu yang pertama.
Kemudian yang kedua cara mendidik anak secara informal bisa dilakukan dengan bersama-sama nonton film di bioskop atau nonton bareng di rumah. Kenapa ? karena ketika kita menonton bareng di situ bisa ada komunikasi, ada diskusi antara keluarga, pada saat itu kita bisa mengetahui apa yang secara spesifik diinginkan oleh anak, kemudian bisa juga diskusi tentang apa yang orang tua inginkan diperbaiki oleh anak.
Termasuk juga pesan moral yang harus sampai ketika nonton film atau acara tertentu di TV. Disitu kita bisa tahu kecenderungan anak ke mana, kemudian cara kita mendidik anak sesuai dengan tontonannya. Ulasan acara TV kesenangan anak ini bisa menjadi awal pembicaraan topik serius kita dengan anak.
Selanjutnya yang ketiga adalah bersama-sama untuk mendatangi Tempat yang mereka senangi seperti toko mainan atau juga toko makanan yang menjadi favorit mereka. Selanjutnya kita belikan makanan atau mainan yang menjadi kesenangannya. Nah Pada kesempatan jika kita tahu cara mendidik anak yang efektif maka momen ini kita juga bisa mengetahui apa yang menjadi Keinginan mereka, apa yang menjadi karakter idola atau cita-cita mereka. Dari karakter-karakter animasi / kartun itu bisa kita mulai tahu bahwa apa yang menjadi cita-cita, apa yang menjadi fantasi dan ide kreatif mereka dapat bahan pembicaraan kita dengan mereka ketika secara santai. Itu cara yang ke-3 untuk mendidik anak melalui kegiatan bersama.
Cara keempat untuk kebersamaan dan sekaligus memberikan pendidikan kepada anak adalah melihat pertunjukan pengembangan bakat mereka kemudian memberikan penilaian kita terutama motivasi kepada mereka. Contoh yang paling sederhana misalnya pertunjukan mereka terkait dengan robot. Mereka membuat robot bersama kita dari kardus kemudian kita yang memberikan tanggapan terkait dengan robot mainan yang telah mereka buat.
Bisa juga dengan pertunjukan seni. Mereka diberikan kesempatan untuk tampil memainkan alat musik, menari ataupun juga membuat konser. Dari konser yang mereka buat itu kita memberikan feedback seperti apa yang kita suka dari penampilan mereka, atau apa yang sebaiknya diperbaiki dari penampilannya agar lebih keren lagi.
Nah ini merupakan momen yang sangat berharga selain untuk meningkatkan kapabilitas mereka menggali talenta-talenta yang mereka miliki, kita juga bisa memberikan pemahaman pemahaman moral saling menghargai kemudian kemampuan afektif atau bersikap terhadap seni sehingga mereka memiliki perasaan yang lebih dalam bentuk saling menghargai antar sesama dan terutama adalah mereka bisa mengembangkan bakat yang telah mereka miliki.
Cara yang kelima adalah melakukan sesuatu bersama secara aktif misalnya bersepeda bareng atau melakukan olahraga bareng atau bahkan ada yang bareng melakukan climbing / Pendakian Gunung. Bisa juga dengan mengajak mereka berenang,mengajak mereka ke sawah, berpetualang ke hutan. Itu juga adalah cara yang informal untuk bisa menanamkan nilai-nilai tentang alam sekaligus menyampaikan pesan-pesan moral kepada anak kita. Dan tidak kalah pentingnya adalah membangun hubungan baik dengan anak melalui aktivitas bersama yang cukup menantang.
Cara yang keenam untuk membina hubungan sekaligus memberikan pendidikan anak secara informal adalah berjalan bersama untuk makan bareng. Makan bareng sesuatu yang sederhana tapi pada saat makan bareng itulah kita bisa membangun kebersamaan, kita berdialog dengan anak-anak, kita menyampaikan pesan-pesan moral, Kita juga bisa mendapat feedback dari mereka terutama adalah kita mendapatkan hubungan yang lebih dengan anak kita.
Cara yang ketujuh adalah dengan melakukan olahraga bersama, misalnya saja melakukan sepak bola bersama dengan anak, latihan memanjat dengan anak atau bisa juga dengan latihan karate atau beladiri. Pada saat olahraga bareng ini kita bisa mendidik anak dengan menanamkan rasa percaya diri, kemudian keinginan untuk berprestasi dan bisa juga pemahaman tentang kesehatan.
Cara mendidik anak untuk kesehatan tidak harus dengan ceramah tetapi dengan mengikuti event-event olahraga kita bisa menanamkan informasi terkait bagaimana membangun kehidupan yang sehat dengan berolahraga dengan melakukan bela diri misalnya, fokus dan lain sebagainya.
Selanjutnya cara kedelapan yang bisa kita lakukan adalah melakukan kunjungan ke museum atau kebun binatang atau galeri seni. Bisa dilakukan untuk mengetahui bagaimana selera mereka terhadap sesuatu baik itu terkait dengan barang-barang yang sifatnya antik, kemudian kisah-kisah perjuangan dan kepahlawanan, kemudian Bagaimana interaksi dengan makhluk hidup lainnya. Itu bisa kita tanamkan. Nah ini cara mendidik anak untuk mengetahui selera seninya.
Selanjutnya cara kesembilan untuk mendidik anak dengan bersama-sama melakukannya adalah berkunjung atau bersilaturahmi ke tetangga-tetangga ke kenalan-kenalan atau sekedar jalan-jalan di sekitaran Kompleks. Ini gunanya Apa? gunanya adalah untuk menanamkan rasa kekeluargaan. Bagaimana membangun silaturahmi? kemudian Bagaimana saling menghargai dengan tetangga atau kerabat sehingga tepo seliro, gotong royong, tolong-menolong itu ada di benak mereka. Mereka tidak menjadi individualistis tapi mereka merasa bagian dari sebuah komunitas yang harus mereka jaga keberadaannya.
Terakhir yang kesepuluh adalah kita belanja bareng. Apa gunanya kita belanja ? dalam kerangka cara mendidik anak adalah untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan mereka untuk ada di tempatnya privatnya. Misal di kamarnya, apa yang mereka inginkan ada di kamarnya ? untuk meja belajar meja belajar yang seperti apa yang mereka inginkan ? Selain itu mengajak mereka berbelanja akan mengasah mereka untuk bisa mengambil keputusan, karena ketika orang berbelanja banyak sekali pilihan-pilihan yang ada didalamnya. Dengan kita memberikan arahan bahwa tidak semua barang harus mereka beli mereka akan berusaha untuk menentukan satu atau dua barang yang akan dibeli yang paling penting buat.
Inilah cara kita mendidik anak untuk memberikan kemampuan problem solving atau mengambil keputusan.
Nah itulah 10 cara mendidik anak secara informal dengan cara mengajak mereka bersama-sama melakukan aktivitas untuk membina hubungan baik dengan anak.
Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya dalam mendidik anak.
Perlu jadi catatan bahwa 10 tips untuk mendidik anak dalam rangka membangun hubungan sekaligus menanamkan pendidikan moral ini adalah inspirasi dari artikel Valeria Plowman.
Terima kasih, salam manfaat......salam Emak-Emak