Serial Peluang Bisnis #1 : Memulai bisnis online dengan mudah

Serial Peluang Bisnis #1 : Memulai bisnis online dengan mudah

Serial Peluang Bisnis #1 : Memulai bisnis online dengan mudah

Berikut akan saya share sebuat testimoni yang sangat mencerahkan dari seorang digital Marketing bernama Aditya, tentang bagaimana dia membangun bisnis online dengan mudah, semoag bisa menjadi motivasi dalam membuka peluang bisnis emak-emak sekalian.

 Adit mulai menekuni bisnis online sejak pertengahan 2014. Dia mulai bisnis onlinenya dengan bermodal Laptop dan koneksi internet, menghabiskan belasan jam per hari di sebuah meja kecil sebelah tempat tidurnya.

Dia termasuk anak muda yang tekun dan sabar, dimana meskipun beberapa kali gagal dia tetap focus untuk menggapai cita-citanya. Adit telah menjalankan beberapa peluang bisnis dalam hal ini bisnis online Mulai dari: Buzzer Twitter, Dropshipper, MLM online, Reseller, Affiliate produk digital, affiliate produk fisik, jual produk pelangsing, produk kecantikan, blogging dan lain-lain. Hingga akhirnya PILIHAN FOKUS jatuh pada Affiliate Produk Digital. Adit memulai semuanya dari FACEBOOK MARKETING.

Menurut Adit Facebook adalah media promosi yang bagus untuk bisnis online. sehingga dia menyarankan untuk mengikuti perkembangannya dan Pelajari terus ilmu-ilmu facebook Marketingnya. 

Adit menuturkan "Saya pernah dikatain orang, “Affiliate Marketing itu bisnis recehan.” Buat saya So What... recehan-recehan kalau dikumpulin, dikit-dikit lama lama juga akan jadi bukit." demikian dia mengokohkan semangatnya yang pantang menyerah dalam menjalankan peluang bisnis yang ada dihadapannya, sekaligus memperlihatkan kalo dia focus menggapai cita-citanya.

Adit juga mengingatkan "Jadi, jangan beralasan Bisnis Online Itu sussaahh… Banyak Alasan teruss, akan bikin Anda tertinggal jauh dengan Anak-anak muda, yang masih sma & kuliah, tapi sudah hasilkan milyaran karena mampu membaca peluang bisnis dari bisnis onlinenya... 

Pada pootingan ini, akan diulas strategi Adit terkait : 

1. Setting Dasar FB
2. Menemukan Target Market yang Lapar
3. Membangun Branding di FB Personal
4. Mengkonversi Silent Reader menjadi Buyer
5. Meniru Strategi Kompetitor yang sudah Terbukti
6. Memastikan Promosi Anda dilihat Banyak Orang Tanpa Ads

Mari kita simak pemaparan Aditya berikut ini :

1. Setting dasar FB

Sebelum kita melakukan Aktivitas Marketing, kita perlu melakukan beberapa setting dasar Agar memastikan status Anda bias menjangkau banyak orang. Yaitu: Pastikan terlebih dahulu agar Settingan Status Anda adalah Public. Jika Settingan status itu adalah Friends: Artinya hanya bisa dilihat oleh Teman Anda sendiri. Jika selain teman Anda, tidak bisa melihat status Anda. Padahal jika status Anda bagus dan dilihat oleh banyak orang akan semakin banyak yang Add Friends Anda. Itu Artinya Semakin Luas Lingkup Pasar Anda.

Hal-hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu pada Akun Baru Anda agar tidak disuspend Facebook yaitu :

1. Isi Data Profile Anda selengkap-lengkapnya 

2. Lakukan beberapa Aktivitas yang menunjukkan keaktifan Facebook Anda seperti:  Update Status, Add Friends (untuk Akun baru jangan lebih dari 100 pada hari itu), Lakukan Like, Comment atau share di status Teman Anda atau Fanpage favorit Anda.

3. Chatting dengan beberapa orang yang sudah berteman dengan Anda, cukup saya hello beberapa kalimat saja 

4. Join Groups
Anda bisa pilih like fanpage dan join di group yang berhubungan dengan Bisnis Anda. Ini akan membuat Facebook memberikan suggest Friends yang sesuai dengan Minat Anda tersebut.
(Suggest Friends Tertarget).

2. Menemukan Target Market yang LAPAR
     Sobat, Kira-kira enak nggak kalo ketika kita bikin
status promosi di Facebook lalu banyak yang
komen:
- Harganya berapa tuh sist ?
- Kalau ke Medan berapa ongkirnya?
- Yang warna merah ada nggak?
- yang tipe itu ready stock nggak?
- Sist, aku inbox ya mau nanya-nanya banyak Itu artinya Anda sudah menemukan PASAR YANG LAPAR.
Pasar yang bukan hanya interest dengan produk Anda tetapi juga lagi butuh Produk Anda.
Jadi untuk sebuah promosi, nggak perlu kita spam masuk ke banyak grup... Itu tidak efektif
Kunci Sukses Bisnis Online adalah Kita tahu dimana Target Market kita berada , dan disitu kita berpromosi dengan kreatif.

Metode vang selama ini sava lakukan adalah :

Saya memulai Akun FB Baru saya dengan meng-Add Teman-Teman yang tertarget, Saya tidak melakukan Ads, saya hanya membangun branding dari Akun FB Pribadi, (baik Akun Pribadi maupun klonengan) Meskipun Anda menggunakan Akun Klonengan  jika branding Anda tepat, Penjualan akan terus terjadi.
Kemudian Adit melanjutkan testimoninya dalam menjalankan peluang bisnis yang ada bahwa Dulu... di awal saya belajar Jualan di Facebook saya join banyak groups yang membernya puluhan ribu dan promosi disana. Anggapan saya, semakin banyak member akan semakin banyak yang melihat promosi saya. Tetapi ternyata hasilnya NOL Sales ...Capek dan tidak menghasilkan, karena pada faktanya orang menyepelekan setiap posting promosi di Group seperti itu. 
Jadi, Agar Jualan Laris di Facebook, Anda perlu:

1 . Pilah Friends Anda. Cari Friends yang tertarget dan LAPAR dengan Produk Anda
2. Setelah berteman, Anda perlu memperkenal siapa diri Anda. Branding diri Anda sendiri agar calon buyer Anda tahu bahwa Anda adalah seller yang tepat  buat mereka (Akan dibahas lebih lanjut di bab selanjutnya)
3. Setelah Anda merasa Branding sudah cukup, Anda bisa lakukan Promosi yang kreatif

Cara menemukan Target Market yang Lapar Anda bisa buka satu persatu Fanpage, dimulai
dengan yang like terbanyak Jika Fanpage tersebut punya banyak like tapi minim interaksi, tinggalkan saja. Fokuskan perhatian pada status yang interaksinya banyak dan yang masih hangat, masih 2-4 minggu yang lalu. Lalu setelah ketemu, bagaimana langkah selanjutnya ? Add Friends / Jadikan mereka teman (Pasar yang Lapar ini). Tetapi jangan langsung kirim inbox promosi ke mereka. Itu akan sia-sia hasilnya Anda perlu melakukannya dengan cara elegan.

TIPS & Kesimpulan Mememukan Pasar yang Lapar :
1. Ketikkan kata kunci di kolom search Facebook bisa berupa manfaat produk (misal: pelangsing,
masker wajah) Nama brand / produk kompetitor, majalah, artis
2. Temukan Fanpage yang Aktif Indikasi aktif ini adalah, Fanpage tersebut rutin
posting dan Anda bisa lihat postingannya sebulan terakhir
3. Temukan postingan dengan interaksi terbaik, Utamakan banyak commenter di postingan 2
minggu yang lalu. (Kenapa? Karena masih hangat2nya dan kemungkinan besar, problemnya belum terselesaikan, dan ketika lihat penawaran Anda nanti, bisa lebih cepat closing)
4. Add Friends yang paling Lapar Lakukan Add terlebih dahulu pada commenter yang benar2 lagi butuh produknya Contoh komennya: “Sis, saya mau order”, “yang ukuran XL ada” dll Hindari: Add Friend orang-orang yang pertanyaannya masih mempertanyakan produk, nyinyir, dan komen negatif lainnya

3. Membangun
     Personal Brand

Mengirim permintaan pertemanan secara Tertaget memang sebuah ide yang bagus. Lalu setelah mereka berteman dengan Anda dan mereka tahu bahwa Anda menjual produk yang mereka butuhkan, lantas apa mereka langsung membeli ke Anda? Belum tentu... Siapa loe??? tanya mereka Kalaupun bisa closing, itu karena Anda telah melakukan Add Friends dalam jumlah yang sangat banyak. Lalu...dari sekian banyak target pasar, bagaimana caranya agar kita bias mengkonversinya menjadi penjualan???

Yakinkan mereka bahwa Anda adalah Tempat vang tepat untuk membeli apa yang mereka butuhkan Bagaimana Caranya ??? Facebook membantu kita mengenal orang lebih cepat. Anda bisa dengan cepat menceritakan “Siapa Diri Anda” dari status-status yang Anda Buat . Perkenalkan diri Anda sebagai seorang yang Expert di bidang Anda.
Buat Status-Status Sharing yang dibutuhkan oleh Target Market Anda. Seperti Tips-Tips, berita terbaru seputar produk / bisnis Anda. Semakin “Daging” Sharing yang Anda berikan, semakin Viral Status Anda, Semakin Bagus Brand Anda.

Memang penting ya Viral itu? Apa sih Viral itu? Viral artinya status Anda di-share banyak orang,
cepat menyebar dan menjangkau lebih banyak orang bahkan yang bukan Teman Anda sekalipun.
Informasi yang “Daging” dari Anda, akan membuat orang me-Like atau Share secara sukarela.
Akhirnya mereka yang bukan Friends dan akan me-Add anda agar tidak ketinggalan informasi-informasi yang menarik dari Anda. 

Selain itu, semakin banyak yang Like,Comment,Share status Anda (apalagi sering)…  Maka Status Anda akan muncul terus di timeline Teman-teman Anda. Lama-lama mereka yang semula tidak menghiraukan status Anda, akhirnya jadi ikut membaca atau bahkan ikut me-Like,Comment atau Share status itu. Dan disitulah nilai “ Edgerank ” Status Anda semakin meningkat.

Bagaimana caranya memberikan Sharing yang Daging? Banyak source yang bisa kita pakai. Tinggal googling atau bisa dari status-status sharing di Fanpage orang lain.  sebelumnya kita perlu benar- benar tahu, info apa sih yang dibutuhkan oleh Target Market kita? Dari sharing-sharing yang kita lakukan akan ada interaksi dengan teman2 baru Anda. Itu akan semakin meningkatkan keeratan hubungan Anda dengan Teman Baru dan juga bisa mengetahui sharing seperti apa lagi yang benar2 dibutuhkan mereka. Kalau sudah akrab, akan lebih mudah terjadinya
penjualan dibanding dengan belum kenal sama sekali.

Bagaimana caranya membuat silent reader menjadi buyer? Tidak sedikit saya melihat orang yang berjualan Online: Jual Mahal, Cuek, Judes, Kurang menanggapi atau kurang merespons komentar orang-orang di statusnya dan mengharapkan bahwa dengan membuat Status Promosi dia langsung dapat transferan orang beli produk atau jasanya… ITU SALAH
bukan berarti saya menyalahkan orang yang bersikap seperti itu, Itu hak mereka, tetapi bisnisnya akan sulit menjangkau lebih banvak orang . Baik di bisnis Offline maupun Online, kita perlu Membina Hubungan dengan Orang Bagaimana orang bisa lebih mengenal kita jika kita sendiri “Jual Mahal”...  orang beli bukan karena memang sedang butuh produk tersebut, tetapi karena suka dengan Cara Anda dalam bertutur kata, bersikap dan berperilaku di Facebook.”

Bagaimana cara Membina Hubungan di Facebook ? Nah disini saya bukan menyampaikan tentang Aturan Baku dalam bertata karma di Facebook saya hanya sharing apa yang saya lakukan dalam membina hubungan dengan teman-teman Facebook saya. Sehingga bukan hanya menjadi buyer bagi produk dan jasa saya, tetapi juga menjadi pelanggan loyal.

PERCAYALAH:
Meskipun Anda belum pernah kopi darat dengan Teman Facebook Anda, tapi jika Anda sudah begitu akrab dengan mereka, mereka ga akan keberatan untuk membeli, join atau menerima apapun penawaran dari Anda meskipun Anda menawarkan produk atau jasa yang berbeda.

Itu Artinya Anda sudah memenangkan hatinya… Ini bukan hanya berlaku di dunia online tetapi juga berlaku di dunia offline. Anda akan menemukan orang yang akan ikut apapun kegiatan bisnis yang Anda lakukan. Karena mereka sudah benar-benar TRUST kepada Anda .

Apa yang saya lakukan? Ini hanya hal-hal yang sederhana, karena dulu saya sangat suka buku-bukunya Dale Carnegie dan buku- buku lain tentang “Seni Membina Hubungan” maka beberapa prinsip-prinsipnya saya terapkan di bisnis Online dalam membina hubungan dengan pelanggan saya. Salah satu prinsip yang saya gunakan adalah: “Pada dasarnya manusia suka diperhatikan dan dihargai” Bagaimana bentuk aplikasinya di Facebook ?
Berikut contoh-contoh penerapannya:

1. Anda pasti sering melihat notifikasi dari status-status Anda.  akan ada orang yang selalu Like status Anda (mungkin sesekali dia berkomentar) => Nah sesekali kunjungi statusnya. Berikan Like atau kalau bisa komentar. Jika Anda benar-benar sudah melakukan branding dengan tepat, komentar yang Anda berikan akan memberi makna yang lebih buat dia... Rasanya seperti dibalas mention oleh Artis Pujaannya...

2. FAST RESPON
Fast Respon adalah salah satu kunci larisnya bisnis online Anda. Jika Anda dapat comment atau chat dari teman FB Anda apalagi berkaitan dengan produk Anda, segera balas. Jangan sampai tertunda lama. Apalagi sampai lupa membalasnya. Kadangkala karena kita lambat merespon, si calon buyer akhirnya mengurungkan niatnya untuk membeli.

3. Berikan Solusi
Seringkali ketika kita membuat status sharing tentang Tips-Tips, mereka kemudian menanyakan hal yang lebih detail berkaitan dengan tips tersebut baik melalui chat maupun komentar.
> Jawablah sebisa Anda dan berikan solusi terhadap pertanyaannya. Anda bisa minta bantuan mbah Google jika merasa kesulitan menjawabnya Mungkin solusinya bukan tentang produk Anda. Ga Masalah… Anda sedang menanam benih respek saat itu yang akan memberikan buah yang sangat lezat di kemudian hari. 

4. Berikan Perhatian lebih untuk Pembeli Anda
Jika Silent Reader pun Anda perhatikan, apalagi dengan Orang yang sudah membeli Produk atau
Jasa Anda. Lakukan chating, meski hanya sekadar say hello. Lakukan like dan comment di status mereka sebagai support terhadap aktivitas yang mereka lakukan.

5. Kirimkan status ucapan selamat ulang tahun kepada orang yang sering berinteraksi dengan Anda. Anda bisa lihat di bagian kanan atas FB, siapa teman Anda yang hari ini sedang berulang tahun. Kirim ucapan yang berbeda dengan lainnya. Tambahkan gambar-gambar yang menarik atau semakin mencerminkan diri mereka semakin baik.

6. Hindari membuat status atau berkomentar di status yang mudah memicu kontroversi. Hal ini akan membuat beberapa orang yang awalnya respek dengan Anda tiba-tiba menjadi Haters. Saya bukan membatasi Anda dalam berinteraksi di FB, tetapi jika Anda menggunakan Akun FB itu untuk membangun bisnis, maka hindarilah hal-hal yang memicu kontroversi. Lebih baik Anda melakukannya di FB pribadi Anda, bukan di Akun bisnis Anda.

JANGAN LUPA UNTUK MEMPOSTING STATUS TESTIMONI

Kalau hal ini saya yakin Anda sudah sering melakukannya Posting testimoni, gambar pengiriman produk, atau hal-hal yang bisa meningkatkan Trust orang terhadap bisnis Anda.
‘Tidak Ada bentuk promosi yang lebih baik selain menunjukkan BUKTI aktivitas bisnis kita.”

Demikian ulasan dari Aditya S dalam membangun bisnis Online dengan omset milyaran, semoga memberi manfaat buat kita semua dan selamat memulai bisnis Online Anda lewat FB dengan mudah…….

SALAM SUKSES !!!