Serial Peluang bisnis #2 : Tetapkan Rencana Bisnis / Usaha

Serial Peluang bisnis #2 :  Tetapkan Rencana Bisnis / Usaha

Serial Peluang bisnis #2 : Tetapkan Rencana Bisnis / Usaha

Kali ini kita akan mencoba menjelaskan terkait Bagaimana tips kita untuk memulai menjalankan Peluang bisnis terutama bisnis online. Yang pertama harus diingat adalah kalau tidak jelas maka apa yang akan kita rencanakan baik itu produk, channel, cara untuk mencapainya, maka target kita untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis yang kita rencanakan akan sia-sia.

Olehnya mengetahui konsumen yang menjadi sasaran utama kita (Niche) menjadi langkah pertama dan utama . Selanjutnya kalau kita sudah tahu sasaran konsumen kita maka selanjutnya agar peluang bisnis dapat kita efektifkan maka kita harus juga mengetahui produk yang akan kita pasarkan baik itu berupa jasa atau produk barang misalnya alat kecantikan, atau fashion bias juga peralatan rumah tangga, alat elektornika, atau jenis barang lainnya termasuk software.  

Setelah kita mengetahui produk yang jelas dan akan dijual, maka selanjutnya kita harus juga mempelajari tentang internet marketing tentunya untuk memulai bisnisnya harus mencari informasi mengenai dunia marketing itu sendiri secara online. Kenapa ? karena bisnis secara online itu berbeda dengan bisnis yang dilakukan secara offline kalau offline harus jelas tempat dan tokonya sedangkan secara online harus tahu cara-cara di internet untuk meningkatkan kunjungan dan pemesanan. 

Cara yang paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah mencari di internet grup-grup atau artikel-artikel yang membahas tentang internet marketing dan peluang bisnis yang ada didalamnya. Dari grup grup atau artikel-artikel itu banyak yang bisa kita peroleh informasinya, ilmunya maupun teknis-teknisnya.  Misalnya saja kalau ingin menjalankan bisnis dropship maka harus mencari ilmu tentang menjalankan bisnis dropship lalu coba melakukan riset pasar. 

Di riset pasar ini akan mengetahui trend apa yang lagi cepat laku dijual, harga-harga, kemudian kita juga bisa mendapatkan ilmu dari grup-grup yang ada. Nah selanjutnya kalau sudah tahu kita kemudian langsung masuk ke situs-situs yang mengajak kita untuk melihat peluang bisnis dengan melakukan penjualan secara online atau berbisnis secara online. Banyak jenis usaha untuk online ada yang dilakukan dengan mengandalkan SEO (search engine optimization) atau bisa juga adsense atau bisa juga dengan menjual langsung.  

Kalau misalnya kita sudah mempunyai produk atau bisa juga bisnis reseller di internet bisa juga dengan mengupload foto-foto video baik itu di youtube di Instagram kemudian banyak data. Jika banyak yang like / menyukai tulisan atau video kita kemudian dari traffic itu ada yang disebut dengan istilah Click Per Page dengan backlink melakukan link-link yang berbayar Link yang bisa mendapatkan bayaran setiap ada halaman yang kita buka. Nah...ini benar-benar peluang bisnis yang menggiurkan kan ? 

Nah apalagi peluang bisnis online yang lain yaitu diistilahkan dengan namanya dropship ini yang paling ramai saat ini karena bisa dilakukan oleh semua orang meskipun tidak memiliki pengetahuan tentang internet. Dropship ini sama saja dengan kita bertindak sebagai pemilik toko ritel /kelontong yaitu mempertemukan antara penjual dan langsung pemasoknya kita hanya fokus menjadi pemasarnya dan kalau ada yang terjual kita mendapatkan selisih harga dari yang ditetapkan oleh pemilik atau supplier. Memperoleh selisih harga yang diberikan oleh supplier dengan harga kepada konsumen itu tujuan utama kita untuk berbisnis.

Caranya seperti apa untuk memulai usaha caranya adalah ayo langsung gabung saja baik itu ke Lazada bisa juga ke Bukalapak, Tokopedia, shopee kemudian kita coba cek yang mana yang paling cocok untuk kita jual kemudian siapkan semua barangnya siapkan semua peralatannya kita ikuti aturan yang ada di dalam marketplace itu. 

Mungkin itu saja tips awal dari saya dalam serial peluang bisnis khususnya bisnis online, selanjutnya akan kita bahas Lebih Detail pada kesempatan selanjutnya dalam rangka memulai bisnis Online terima kasih Semoga manfaat