Serial Peluang Bisnis #5 : Passive Income dari Bisnis Sewa Kamar Kosan / Kontrakan

Serial Peluang Bisnis #5 : Passive Income dari Bisnis Sewa Kamar Kosan / Kontrakan

Serial Peluang Bisnis #5 : Passive Income dari Bisnis Sewa Kamar Kosan / Kontrakan

Baiklah kali ini kita akan membahas dan menguraikan terkait dengan ide-ide atau peluang bisnis yang sifatnya pasif income pasif. Passive Income itu artinya kita sekali melakukan investasi, setelah itu kita relatif menjadi orang yang "menunggu" hasil dari investasi yang kita buat artinya tidak full time kita melakukannya, melainkan kita pada saat-saat tertentu saja melakukan pemantauan, maintenance atau updating.
Kali ini peluang bisnis passive Income yang akan kita bahas adalah : Sewa Kamar (Kos-kosan).
Baik Mari kita Uraikan mengenai ide atau peluang bisnis Sewa Kamar ini.
Peluang Bisnis #1 :
Sewa kamar atau istilahnya kos-kosan. Kalau untuk saat ini, peluang bisnis ini cukup menjanjikan karena arus urbanisasi yang ada di Indonesia itu sangat tinggi. Dimana banyak sekali orang-orang yang berkunjung ke ibu kota, baik itu ibu kota provinsi, ibu kota ibu kota Kabupaten untuk bekerja. Lokasi pekerjaannya bukan di lokasi rumahnya, tetapi di kantor yang cukup jauh dari rumahnya sehingga membutuhkan tempat untuk tinggal minimal kos-kosan. Dengan kos-kosan ini lumayan mudah dan setiap bulan bisa mendapatkan hasil yang berupa pasif income. Artinya ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Cara menjalankan peluang bisnis ini misalnya di rumah kita ada terdapat 3 kamar, maka kita bisa menyewakan satu atau dua kamar untuk para pegawai atau pekerja yang ada di sekitaran lokasi tempat tinggal kita. Ini cukup menjanjikan, bahkan saat ini banyak aplikasi-aplikasi travelling / perjalanan yang juga membantu kita di dalam penjualannya seperti airy atau BNB misalnya.
Baik... terkait dengan bisnis kos-kosan ini ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari teman-teman yang akan menjadikan peluang bisnis kos-kosan ini sebagai jenis usaha yang akan dilaksanakan.
Poin #1 : Aspek Umum
Pastikan bahwa kita telah mengetahui target pasar yang akan menjadi sasaran pasar dari kos-kosan yang kita buat. Ini tentunya sesuai dengan lokasi tempat tinggal atau tempat yang akan kita buat.
Lokasi sangat menentukan karena akan terkait dengan biayanya, kemudian harga sewanya, dan juga peralatan yang harus ada didalamnya. Tingkat kenyamanannya, bentuk dekorasi dan fasilitas-fasilitas yang harus kita siapkan ada di kosan tsb.
selanjutnya yang perlu mendapat perhatian adalah kebersihan dan kenyamanan di lokasi kamar kos-kosan kita. Bahwa ketika kita menyiapkan tempat kost pastikan kondisinya bersih, sudah nggak ada sampah, kemudian kondisi ruangannya harum, Sudah dipel.
Kalau menggunakan ranjang juga dalam kondisi bagus, persediaan meja, lemari yang ada didalamnya juga dalam kondisi bagus. Kalau misalnya dalam kondisi kosong, pastikan bahwa semuanya dalam kondisi bersih dan nyaman.
Aspek selanjutnya adalah harga. Harga sewa yang kompetitif. Pastikan bahwa harga sewa yang kita tetapkan sesuai dengan peruntukannya. Sesuai dengan kelas penyewanya. Kalau di daerah-daerah komersil dan penghuninya atau penyewa adalah orang-orang yang dengan penghasilan yang lumayan tinggi, maka bisa juga harganya lebih tinggi. Tapi kalau di daerah pertokoan dengan segmen kelas menengah ke bawah sebagai pekerja-pekerja umum maka bisa menyesuaikan dengan harga yang berada disekitarnya. Tentunya ini juga terkait dengan fasilitas dan kemudahan aksesnya.
Aspek selanjutnya adalah fasilitas-fasilitas yang ada di kos-kosan tersebut atau di kamar tersebut. Kita bisa menambahkan fasilitas-fasilitas dengan memberikan misalnya WiFi, kemudian bisa juga jasa laundry atau catering, sarapan, Kemudian untuk airnya bisa dengan air hangat air panas.
Nah itu tadi aspek-aspek yang menjadi perhatian umum yang kita siapkan di dalam menyiapkan peluang bisnis kos-kosan ini menjadi nyata.
Selanjutnya agar peluang bisnis kos-kosan ini bisa semakin bagus, maka mari kita membahas satu persatu yang harus disiapkan secara operasional untuk menjalankan bisnis ini.
Poin #2 : Anggaran
Untuk anggaran yang disiapkan meliputi yang pertama investasi awal. Investasi awal adalah menyiapkan kamar atau kos-kosan berupa kamar. Artinya kita tidak perlu investasi terlalu besar karena tinggal menyiapkan isi dari kamar tersebut, yang sifatnya inventaris ringan. Bisa berupa lemari, bisa juga bufet, bisa juga ranjang atau tambahan fasilitas yang lain. Termasuk instalasi listrik dan airnya.
Untuk anggaran operasional bulanan, Kita harus menyiapkan anggaran berupa biaya tagihan listrik, kemudian tagihan air, kemudian kalau kita juga menyiapkan tenaga operasional atau pegawai yang menjaga kos-kosan tersebut. Siapkan juga gaji buat pegawai operasional tersebut. Itu secara umum biaya-biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis kos-kosan ini sehingga peluang bisnis kos-kosan ini bisa dianggap cukup murah.
investasinya murah kemudian biaya operasional bulanannya juga murah sehingga betul-betul, peluang bisnis kos-kosan ini sangat menjanjikan karena pendapatannya rutin dan biaya operasionalnya juga murah.
Poin #3 : Aspek keamanan
Menjadi hal yang sangat menarik sekaligus menjadi tantangan terbesar di dalam menjalankan bisnis kos-kosan ini.
Agar aspek keamanan terjaga maka hal-hal yang perlu dilakukan adalah Pertama, Kenali orang yang akan menyewa. Kenali profilnya. Kalau misalnya menyewanya lewat internet, ayo profiling /cek profilnya atau kalau misalnya tidak lewat internet, kita bisa melakukan wawancara singkat dengan menanyakan asalnya dari mana, kemudian apa pekerjaannya, berapa lama dia tinggal di situ, keperluan bisnis nya apa ? dan kemungkinan informasikan aturan-aturan yang ada di dalam kos-kosan tersebut.
Yang paling penting adalah coba diambil ktp-nya minimal fotokopi. Karena kalau fotokopi KTP sudah ada maka secara moril akan memiliki tanggung jawab untuk bisa melakukan perbuatan-perbuatan yang bagus selama dia berada di lingkungan kontrakan tersebut. Selanjutnya jangan lupa laporkan ke RT / RW karena aturan dari lingkungan RT/RW biasanya mengharuskan dalam kurun waktu 24 jam harus melapor bagi tamu yang menginap. Olehnya kita harus menjalankan hal tersebut.
Selanjutnya untuk menjamin keamanan juga bisa kita memasang CCTV. Karena dengan CCTV kita bisa memantau aktivitas yang ada di sekitar kos-kosan atau kamar sewa tersebut. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan kita bisa melakukan tindakan preventif dengan melaporkan ke pihak pihak yang bertanggung jawab.
Selain itu kita juga bisa menerapkan sistem deposit. Dimana penyewa menyerahkan jaminan berupa deposit untuk menjamin kalau terjadi kerusakan, terjadi kerugian finansial yang kita alami yang disebabkan oleh penyewa tersebut. Ini disetorkan pada saat penyewa masuk menyewakan dan dikembalikan pada saat penyewa telah menyelesaikan semua kewajibannya pembayarannya pada saat akan meninggalkan kos-kosan.
Untuk keamanan KITA bisa juga diperlakukan jam check-in dan check-out. jam check-in itu untuk menjamin bahwa betul-betul secara waktu penyewa ini memiliki tanggung jawab untuk disiplin. Misalnya jam check in-nya dari jam 10.00 pagi kemudian jam check-out nya bisa Jam 2.00 siang.
Nah perlakuan jam juga bisa dilakukan jam pagi bisa menerima tamu tapi kalau untuk malam hanya sampai jam 10.00 malam. Ini untuk menjamin keamanan yang ada di kos-kosan itu juga.
Poin #4 : Fasilitas
Selanjutnya apa yang harus disiapkan oleh pemilik kos-kosan ini. Minimal ada tiga fasilitas yang tersedia. Yang pertama harus disiapkan kamar mandi dalam kondisi bersih, ketersediaan air untuk mandi, kemudian ketersediaan air minum, kemudian bisa juga menyiapkan sarapan meskipun ini sifatnya opsional.
Untuk skala kos-kosan yang sudah lumayan besar, ya.. minimal memiliki 3 kamar agar ada baiknya untuk menyiapkan tenaga pengelola khusus yang tugasnya adalah memastikan listrik, air berjalan normal. Kemudian kebersihan dia yang jaga dan memastikan semua fasilitas yang ada di kos-kosan terpantau dengan baik, aman dan tidak dalam kondisi rusak.
Setelah secara operasional semuanya sudah siap maka langkah yang paling penting selanjutnya adalah :
Poin #5 : Promosi
Promosikan sewa kost ini di beberapa aplikasi traveling ada seperti sewakost.com, pegi-pegi.com atau aplikasi lainnya. Coba daftarkan saja semoga itu bisa menyebabkan permintaan untuk penyewaan kos-kosan bisa bertambah. Bisa juga dilakukan dengan memberikan informasi di kantor-kantor atau di pusat-pusat perbelanjaan yang ada di sekitar lokasi kos-kosan, sehingga mudah diakses oleh orang-orang yang lagi mencari kos-kosan di sekitar lokasi tersebut.
Itu saja mudah-mudahan dengan kesiapan operasional dan promosi yang bagus menyebabkan peluang bisnis yang sifatnya pasif income dari kos-kosan ini bermanfaat adanya buat teman-teman sekalian.
Salam sukses dan selalu semangat untuk mendapatkan peluang bisnis lainnya,
Terima kasih