Serial Tips Mengelola Keuangan #1 : 7 Trik Menyimpan Uang secara Psikologis - Cara Menghemat Lebih Banyak Uang Setiap Bulan!

Serial Tips Mengelola Keuangan #1 : 7 Trik Menyimpan Uang secara Psikologis - Cara Menghemat Lebih Banyak Uang Setiap Bulan!

Serial Tips Mengelola Keuangan #1 : 7 Trik Menyimpan Uang secara Psikologis - Cara Menghemat Lebih Banyak Uang Setiap Bulan!

Mempelajari cara menabung bisa sulit jika tidak dibiasakan sejak masih muda untuk berhemat. Pola konsumtif dengan paradigma bahwa menghabiskan uang adalah merupakan faktor utama pemborosan itu, sehingga mengetahui trik-trik psikologi yang tersembunyi yang dapat membuat Anda selangkah lebih maju dalam tata cara menyimpan uang/ menabung.
Saya akan memberi Anda 7 trik psikologis yang dapat Anda terapkan dalam hidup Anda untuk menghemat lebih banyak uang setiap bulan.
1. Gunakan uang Tunai (Cash)

Ketika Anda pergi makan di suatu tempat, atau membeli bahan makanan, atau hanya untuk membeli barang-barang, coba gunakan uang tunai /cash daripada kartu debit atau cek. Saat menggunakan uang tunai, Anda memiliki keterikatan emosional dengan fisik kertas. 


2. Gunakan Rekening khusus untuk menabung
Saya juga merekomendasikan membuat rekening tabungan khusus untuk pengaturan pengeluaran dan setidaknya 5% dari penghasilan Anda langsung masuk ke rekening tersebut.


3. Ukur dengan membuat Pembukuan (Neraca)
"Jika Anda tidak bisa mengukurnya, Anda tidak bisa mengelolanya," kata Peter Drucker yang terkenal, dan itu benar. Saya memulai membuat laporan keuangan berupa neraca bulanan sekitar 6 bulan lalu dan sungguh menakjubkan melihat ke mana uang Anda mengalir begitu Anda mulai mengelolanya. Membuat anggaran dan disiplin menjalankan sesuai anggaran tersebut mungkin sulit di tahap awal, tetapi ketika Anda berlatih dan tetap gigih, rekening bank itu akan terus bertambah setiap bulan. 


4. Kendalikan untuk tergiur Program Promo Belanja


5. Coba Tunda untuk pembelian barang subtitusi
Produk subtitusi itu misalnya Handphone (HP) bisa difikirkan untuk tunda bulan depan atau menunggu adanya teknologi baru yang akan datang.


6. Fikirkan harganya beberapa jam kemudian
Jika akan membeli sesuatu coba fikirkan dalam 5 jam kedepan barang yang dibeli tersebut nilainya masih sama atau akan menyusut, atau misalnya mau beli makanan coba fikirkan apakah masih bernilai pada beberapa jam lagi dibanding kalo membeli baju yang akan dijual lagi. 


7. Fokus meningkatkan pendapatan
Jika Anda menabung karena ingin membeli sesuatu, saran terbaik yang dapat saya berikan adalah coba lebih fokus pada bagaimana Anda dapat meningkatkan penghasilan / pendapatan. Cukup berfokus pada bagaimana Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang akan membantu secara dramatis lebih dari berfokus pada pengurangan pengeluaran Anda.
 

Demikian 7 (tujuh) tips agar dapat menabung....semoga manfaat ya